TEMPAT WISATA JOGJA PART 2

TEMPAT WISATA JOGJA PART 2

Pada artikel sebelumnya,kita telah memposting tempat wisata di jogja part 1. Sekarang saya akan memposting tempat wisata jogja part 2.  Berikut tempat wisata di jogja part 2  :


1. CANDI IJO

        Candi Ijo terletak di Dukuh Groyokan, Desa Sambirejo, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi ini berada lereng barat sebuah bukit yang masih merupakan bagian perbukitan Batur Agung, kira-kira sekitar 4 kilometer arah tenggara Candi Ratu Boko. Di mana pada bagian bawah lereng tersebut terdapat wisata tebing Breksi Jogja yang merupakan bekas pertambangan batu alam. Posisinya berada pada lereng bukit dengan ketinggian rata-rata 425 meter di atas permukaan laut[2]. Candi ini dinamakan "Ijo" karena berada di atas bukit yang disebut Gumuk Ijo. Kompleks percandian membuka ke arah barat dengan panorama indah, berupa persawahan dan bentang alam, seperti Bandara Adisucipto dan pantai Parangtritis.
Dataran tempat kompleks utama candi memiliki luas sekitar 0,8 hektare, namun kuat dugaan bahwa kompleks percandian Ijo jauh lebih luas, dan menjorok ke barat dan utara. Dugaan itu didasarkan pada kenyataan bahwa ketika lereng bukit Candi Ijo di sebelah timur dan sebelah utara ditambang oleh penduduk, banyak ditemukan artefak yang mempunyai kaitan dengan candi.
 Candi Ijo adalah sebuah kompleks percandian bercorak Hindu, berada 4 kilometer arah tenggara dari Candi Ratu Boko atau kira-kira 18 kilometer di sebelah timur kota Yogyakarta. Candi ini diperkirakan dibangun antara kurun abad ke-10 sampai dengan ke-11 Masehi pada saat zaman Kerajaan Medang periode Mataram.

2.THE LOST WORLD CASTLE
     
   

The Lost World Castle merupakan salah satu obyek wisata di kawasan lereng Gunung Merapi yang terletak di Dusun Petung, Desa Kepuharjo Cangkringan, Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, Indonesia. Obyek wisata ini dibangun menyerupai Benteng Takeshi dan dibangun di atas lahan 1,3 hektare pada tahun 2016. Pengunjung yang ingin memasuki kawasan The Lost World Castle akan dikenakan biaya sebesar Rp 25.000 tiap orang dan belum termasuk biaya parkir. Biaya parkir mobil sebesar Rp5.000,00, sementara biaya parkir untuk sepeda motor sebesar Rp2.000,00.

Sejarah pembangunan dan polemik

Pemberian nama The Lost World Castle dimaksudkan untuk mengingatkan masyarakat akan dahsyatnya letusan Gunung Merapi pada tahun 2010 yang telah menyapu bersih kawasan Desa Kepuharjo dan sekitarnya. Hal tersebut menyebabkan membuat perekonomian masyarakat desa tersebut terpuruk. Berdasarkan hasil bertukar pikiran dengan sesama masyarakat desa, tercetuslah pembangunan desa wisata, dengan The Lost World Castle sebagai tujuan wisata utamanya. Pihak desa kemudian menggandeng Ayung, pengusaha lokal, untuk membangun tempat wisata ini.
Letak The Lost World Castle berjarak sekitar 6 kilometer dari puncak Gunung Merapi. Kawasan wisata ini pun masuk ke dalam kawasan rawan bencana yang ditetapkan Pemerintah Provinsi DIY. Lantaran menyalahi aturan, pihak pemerintah setempat mengancam akan menutup tempat wisata ini. Pada Februari 2017, The Lost World Castle ditutup sementara untuk menyelesaikan sengketa perizinan pembangunan. Terlepas dari sengketa perizinan pembangunan yang membuat tempat wisata ini berdiri secara ilegal,tempat wisata ini terus buka sampai sekarang.

Atraksi

Di dalam The Lost World Casle, pengunjung disuguhkan potret gagahnya Gunung Merapi. Selain itu, di dalam obyek wisata ini terdapat berbagai latar untuk mengambil foto yang menarik, di antaranya taman koboi, awan putih, sepeda motor terbang, sayap bidadari, dan lain-lain. Selain itu, ada juga latar foto trik tiga-dimensi berupa air terjun, permadani terbang, dan beberapa bunga sakura tiruan yang turut menghidupkan suasana.

3.PUNCAK SOSOK
     
 Bagi penggemar pemburu sunset di Puncak sosok sangat cocok sekali di jadikan tempat memotret matahari terbenam. Bersantai bersama teman atau keluarga pada sore hari menambah kehangatan suasana. Jangan terburu -buru untuk pulang karena di Puncak Sosok semakin malam semakin ramai pengunjung berdatangan. Pemandangan malam yang di sajikan tak kalah menarik dari sunset di sore hari. Pemandangan nya menawarkan bintang – bintang bertaburan di tambah dengan ada nya live musik di panggung membuat suasana semakin syahdu dan romatis.
Sebagian besar pengunjung tampak duduk beralaskan tikar sambil menikmati kuliner. Kuliner di sini terdapat warung makan yang menyediakan aneka makanan dan minuman seperti jagung bakar, cilok krispy, bakso tusuk, sate gajih, sempol ayam, siomay dan tahu walik. Untuk minuman, tersedia kopi, jeruk, dan teh. Jangan lupa untuk menyempatkan mengambil foto- foto yang genic dan instagramable. Di saat beranjak dari Puncak Sosok carilah waktu yang tidak bersamaan dengan pengunjung lain supaya tidak terkena macet di karenakan jalanan di Puncak Sosok sedikit sempit.
 Untuk menuju ke Puncak Sosok Jogja lokasinya terbilang cukup mudah di jangkau. Hanya saja berhati – hati dalam perjalanan dengan jalan cukup menanjak dan berbelok – belok. Lokasi Puncak Sosok terletak di Dusun Jambon, Desa Bawuran, Kecamatan Pleret, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta 55791.

4.BUKIT KLANGON
   
       Nama asli dari Bukit Klangon ini adalah Wisata Alam Bukit Glagaharjo, tetpi para pengguna media sosial biasa menyebutnya Bukit Klangon. Bukit Klangon mendapatkan donasi pengembangan wisata minat khusus oleh Riotary International. Bukit Klangon ini termasuk wisata yang baru yang sedang terkenal baru-baru ini. Meski baru dikenal obyek wisata ini sebenarnya sudah dibuka untuk umum pada tahun 2011 yang lalu.
Bukit Klangon ini dibuka setelah adanya erupsi Gunung Merapi. Bukit Klangon ini dikelola oleh warga sekitar, selain itu Bukit Klangon ini juga mendapat dukungan penglolaan dari pemerintah kabupaten setempat, dengan perluasan lahan parkir dan adanya penambahan spot-spot untuk menikmati panorama yang ada.
Bukit Klangon merupakan salah satu obyek wisata yang ada di kota Yogyakarta tepatnya berada di daerah Sleman. Jika kamu ingin melihat dengan jelas Gunung Merapi itu kamu tidak perlu capek-capek mendaki untuk sampai puncaknya, karena Anda bisa melihatnya dengan berkunjung ke Bukit Klangon. Bukit Klangon memiliki gardu pandang dengan background Gunung Merapi. Karena lokasi Bukit Klangon berada dekat dengan Gunung Merapi yaitu sekitar 4 km. Gunung Merapi itu masih aktif yang nampak gagah dan besar, jadi memiliki keindahan yang sangat mempesona.
Gardu Pandang yang ada di Bukit Klangon ini memiliki ketinggian 5 meter yang berdiri dengan kokoh. Selain gardu pandang itu di Bukit Klangon dulunya dikenal sebagai tempat downhill. Tempat ini dikembangkan sebagai lintasan sirkuit downhill untuk pembalap sepeda gunung. Di Bukit Klangon ini juga sering mengadakan acara balapan untuk sepeda tingkat regional maupun nasional. Saat ini Bukit Klangon merupakan satu-satunya lintasan sirkuit downhill terbaik di Kota Yogyakarta.
Obyek wisata ini sangat cocok bagi anda yang ingin menghabiskan masa liburan dan menghilangkan penat. Anda dapat menikmati hangatnya pagi di lereng Gunung Merapi. Pada pagi hari yang terlihat dari Bukit Klangon ini membuat pagi harimu menjadi berbeda dan terasa istimewa. Anda juga dapat bersepeda sambil menikati suasana Bukit Klangon pada sore hari.
Di Bukit Klangon menyediakan track sepanjang 20 km untuk anda yang memiliki hobi bersepeda dengan medan yang memicu adrenalin. Perjalanan track sepeda ini biasanya memakan waktus sekitar 1,5 jam. Jika Anda ingin mencoba downhill tersebut, Anda dapat berkunjung ke wisata Bukit Klangon yang berada di kabupaten Sleman.
5.BUKIT LINTANG SEWU
   
 Nama Bukit Lintang Sewu ini berasal ketika pada saat malam hari di bukit ini terlihat ribuan bintang – bintang yang membentang luas di angkasa. Dalam bahasa Jawa Bukit Seribu Bintang adalah Bukit Lintang Sewu (lintang: bintang, sewu: seribu)
Pemandangan alam yang tidak kalah mempesona membuat Bukit Langit Sewu ini menjadi tempat favorit bagi pecinta alam. Pada saat menuju bukit, pengunjung akan disuguhkan dengan pepohonan pinus, tetapi saat sampai pengunjung akan disuguhkan panorama hutan Kayu Putih yang menjadi keunikan tempat wisata ini. Diatas pohon Kayu Putih ini juga terdapat Burung Alap-alap yang melintas diatas pohonnya. Selain itu pengunjung juga akan dimanjakan dengan deretan pegunungan seperti Gunung merbabu, Gunung Sumbing, Menoreh, dan Gunung Merapi.
Banyak sekali kegiatan yang anda lakukan disini, yang pertama paling diminati oleh para pengunjung adalah melihat sunset yang indah. Bukit ini menghadap ke arah barat sehingga pada saat sunset pemandangannya sangat cantik. Yang kedua adalah berkemah, disini tersedia tempat yang luas dengan banyak pohon yang menjulang tinggi sehingga udara nya sangat sejuk dan alami. Yang ketiga adalah menikmati keindahan malam dengan lampu lampu permukiman penduduk dan juga bintang bintang di langit yang sangat indah. Kemudian anda juga dapat berfoto di tempat ini.
Ada beberapa spot foto yang telah ditawarkan di bukit ini, yang pertama yaitu Gardu Pandang. Gardu Pandang ini mempunyai bentuk tapak kaki raksasa yang sangat instagrammable. Yang kedua adalah Tugu Watu Asah, tugu ini dibangun di sekitar tepi tebing agar pengunjung dapat melihat pemandangan alam yang sangat luas. Tugu ini mempunyai dua buah batu yang berbentuk seperti gapura dengan ditambah ujungnya sebuah jembatan sepanjang 1,5 meter.
Spot Foto yang ketiga tidak kalah keren dengan yang lain yaitu, pintu kemana saja seperti yang dimiliki oleh Doraemon. Namun spot ini sangat berbeda dengan pintu Doraemon karena pintu di Lintang Sewu ini berwarna putih. Spot foto ini sangat bagus ketika diambil dengan latar belakang gemerlap lampu dikejauhan pada malam hari. Yang Keempat adalah spot foto yang  berbentuk miniatur bintang. Spot foto tersebut sangat diminati oleh para wisatawan. Selain spot foto diatas masih banyak lagi spot foto yang lainnya misalnya rumah pohon, hamparan hutan kayu putih, daln lainnya.

SEKIAN DARI SAYA TENTANG TEMPAT WISATA JOGJA PART 2.SEMOGA BERMANFAAT






Tidak ada komentar:

Posting Komentar

TEMPAT WISATA JOGJA PART 2

TEMPAT WISATA JOGJA PART 2 Pada artikel sebelumnya,kita telah memposting tempat wisata di jogja part 1. Sekarang saya akan memposting t...